Berita

KETUA KADIN KOTA BANDUNG LAKUKAN KUNJUNGAN KERJA KE TECHNOPARK SMKN 14 BANDUNG

Kunjungan Iwa Gartiwa, jajaran Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bandung, Wakil Ketua Bidang UMKM, Koperasi dan Kemitraan, Bambang Tris Bintoro, Wakil Ketua Bidang Logistik, Ir. Yati Lismiati, Bhakti Desta Alamsyah, Drs. H. Rustam Hutabarat, dan Direktur Eksekutif Kadin Kota Bandung, Ridwan Kurniawan,  diterima langsung oleh Waka Humas SMKN 14 Bandung, Sobandi serta segenap guru-guru SMKN 14 Bandung. 

KADINBANDUNG.COM – Bandung (17/1/2022), Ketua Kadin Kota Bandung, Ir. Iwa Gartiwa, MM. melakukan kunjungan kerja ke Technopark SMKN 14 Bandung, salah satunya untuk meninjau Program pengembangan Pembelajaran Industri / Teaching Factory Tahun 2022 dan sekaligus menjadi Narasumber dalam kegiatan yang merupakan komponen Pendampingan Implementasi Program Teaching Factory oleh Praktisi dan DUDIKA dengan tema “Penyesuaian Bisnis Plan oleh Praktisi dan Partner DUDIKA”.

Turut hadir mendampingi Iwa Gartiwa, jajaran Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bandung, Wakil Ketua Bidang UMKM, Koperasi dan Kemitraan, Bambang Tris Bintoro, Wakil Ketua Bidang Logistik, Ir. Yati Lismiati, Bhakti Desta Alamsyah, Drs. H. Rustam Hutabarat, dan Direktur Eksekutif Kadin Kota Bandung, Ridwan Kurniawan,  diterima langsung oleh Waka Humas SMKN 14 Bandung, Sobandi serta segenap guru-guru SMKN 14 Bandung.

Mewakili Kepala Sekolah SMKN 14 Bandung, Sobandi mengucapkan Selamat datang di SMKN 14 Bandung kepada Kadin Kota Bandung.  Sobandi menyampaikan bahwa SMKN 14 Bandung menjadi salah satu sekolah yang menyediakan berbagai jurusan untuk menyalurkan potensi siswanya. Terdapat 14 jurusan yang ada di sekolah ini, antara lain jurusan Multimedia, Desain Komunikasi Visual, Animasi, Teknik Bodi Otomotif, dan Kriya. Jurusan Kriya sendiri terbagi ke dalam lima kompetensi yang berbeda, yakni Kriya Keramik, Kriya Kulit, Kriya Tekstil, Kriya Logam, dan Kriya Kayu.

“SMKN 14 Bandung erat kaitannya dengan dunia usaha, mudah-mudahan ini menjadi awal dari kerjasama.  Karena SMK dituntut “BMW” (bekerja, melanjutkan serta wirausaha)”, uja Sobirin. Terlebih lagi SMK telah menyumbang pengangguran terbesar menurut BPS, oleh sebab itu kami bersemangat untuk memperoleh akses-akses sehingga para lulusan SMK ini  mudah terserap oleh dunia usaha, dan terjalin kerjasama yg saling menguntungkan,

Mempersiapkan calon-calon lulusan yang bisa membuka lapangan usaha masing-masing (wirausaha), semoga kita dari smkn 14 bisa menggali informasi tentang peluang serta akses akses untuk penyerapan tenaga lulusan-lulusan SMK serta akses market/pemasaran untuk produk-produk hasil karya anak-anak SMKN 14 Bandung.

Sementara itu Iwa Gartiwa dalam sambutannnya memperkenalkan KADIN sebagai produk undang undang no 1 tahun 1987.  Sebagai mitra strategis pemerintah dalam bidang ekonomi Kadin Kota Bandung mempunyai tagline kolaborasi, akselerasi digitalisasi dan inovasi  Dikatakan Iwa, SMKN 14 ini merupakan potensi bisnis yang luar biasa, jejaring Kadin Kota Bandung akan diperluas dan koloaborasi dengan SMKN 14 akan lebih implementatif.   Program Kadin Kota Bandung dengan SMK adalah “SMK Sahabat UMKM, yaitu pemagangan dari anak-anak SMK merupakan pendidikan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di para UMKKM, guna mentranfer knowladge dari siswa smkn 14 ke UMKM begitupun sebaliknya.

Lebih lanjut Iwa menjelaskan Kadin Kota Bandung telah mengadakan acara  pelatihan “Kamis Manis Ngobrol Bisnis” setiap hari Kamis adalah sarana untuk pelatihan UMKM mengenai akses pemasaran, akses permodalan serta akses perizinan dan lainnya.  Kadin mempunyai jaringan di semua kota Kabupaten di Indonesia yang bisa menjadi akses pemasaran yg signifikan, ujar Iwa.

KADIN Kota Bandung