Berita

Acara Pelatihan Penjamah Makanan Hasil Kerjasama Antara KADIN Bandung, APJI Kota Bandung dan Dinas Kesehatan Kota Bandung

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bandung bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia ( APJI) Kota Bandung dan Dinas Kesehatan Kota Bandung untuk menyelenggarakan acara pelatihan penjamah makanan.

Acara dengan tema “Meningkatkan Sumber Daya Yang Kompeten dalam Menangani Pangan Secara Aman” tersebut diadakan di Graha Kadin pada hari Rabu, 30 Maret 2022.

Ketua Kadin Kota Bandung, Ir. Iwa Gartiwa, MM. membuka acara pelatihan yang diikuti oleh 24 pengusaha makanan di Kota Bandung, didampingi oleh Wakil Ketua Bidang Kesehatan Kadin Kota Bandung, Ahmad Sodik, Ketua Panitia Pelatihan, CIA Febri, Ketua APJI Kota Bandung, Hj. Kania , SE., MBA.., Sekdis Kesehatan Kota Bandung, dan Ridwan Kurniawan, Direktur Eksekutif Kadin Kota Bandung.

Acara ini menghadirkan Narasumber dari Dinas Kesehatan, Anhar Hadian, SKM, Siti Widianingrum Dina, MIL, Rio Purbadianto, AMKL, Dikdik Mahmudin, ST., Yulianingsih, S.KM., M.K.M, Dikdik Aji Swargani, S. Tr.Kes dan Ni Luh Widyastuti, S.KM., M.AP.

Melalui sambutannnya, Iwa Gartiwa menyampaikan rasa syukur bisa kembali mengadakan pelatihan bagi para pelaku usaha dalam situasi yang sudah mulai terbebas dari pandemi tapi masih menjalankan protokol kesehatan.

“Kegiatan ini sangat menarik karena Kota  Bandung dikenal sebagai kota kuliner , sehingga dengan mengikuti pelatihan penjamah makanan ini, para penikmat makanan yang datang dari mana-mana bisa Lebih Mengenal kuliner kHAS Bandung”

Ujar Iwa dalam sambutannya.

Iwa juga menuturkan bahwa kawan kawan-kawan UMKM biasanya tidak tahu caranya untuk bisa meningkatkan kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, dengan makin banyaknya edukasi pelatihan semacam ini, maka mereka pun nantinya akan semakin makin paham sehingga usahanya bisa semakin berkembang lagi.

Disamping itu, orang Bandung juga dikenal sangat kreatif, dengan adanya pelatihan ini diharapkan akan menambah kreatifitas dan mutu dari produk mereka nantinya.

Lebih lanjut Iwa menyampaikan bahwa KADIN adalah rumah bagi pengusaha dan sudah menjadi tugas KADIN untuk bisa memfasilitasi para pengusaha tersebut. Iwa berharap acara pelatihan ini bisa lebih sering diselenggarakan lagi kedepannya, dimana nantinya KADIN akan selalu siap untuk memfasilitasinya.

Iwa pun ingin acara kolaborasi bersama APJI Kota Bandung, Dinas Kesehatan Kota Bandung, serta pihak-pihak lain kedepannya bisa lebih baik lagi dan lebih maju lagi.

Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut diantaranya: perundang-undangan kebersihan sanitasi makanan, prinsip kebersihan sanitasi makanan dan minuman, kebersihan perorangan, struktur dan tata letak dapur, pencucian dan penyimpanan alat, bahan pencemar terhadap makanan dan penyakit bawaan makanan, serta protokol kesehatan di tempat pengelolaan makanan.

KADIN Kota Bandung