Berita

Bandung Film Week dalam Rangka Membangun Ekosistem Produksi Film di Bandung

Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bandung, Ramadaniya atau yang biasa dipanggil Ninik Daniya dari Komite Tetap Design Fashion, Desain produk dan kerajinan yg juga seorang pengusaha wanita, serta Edy Herwansyah, SH. dari Komite Tetap Fotografi sekaligus Ketua KOFABA menjadi Narasumber dalam acara Bandung Film Week “Bandung Menuju Kota Film” dengan tema Membangun Ekosistem Produksi EKosistem Produksi Film di Bandung.

Acara tersebut diselenggarakan pada hari Kamis, 7 April 2022 yang berlokasi di Bandung Creative Hub.

Selain Kedua pengurus KADIN tersebut, Ketua Kadin Kota Bandung Periode 2006-2011 dan 2011-2016 yakni Deden Y. Hidayat, SE. MM juga menjadi narasumber bersama Iwan Zabonk (Ketua Bandung Film Week) dan Budi Langit (Presiden BFIA) dengan moderator Askurifai Baksin (Dosen dan Praktisi Media)

Pembukaan Bandung Film Week dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari, Anggota DPRD Kota Bandung, Erwin, Dinas Pendidikan Kota Bandung serta H. Otong dan keluarga R. A. Wiranata Kusuma.

Mereka adalah sejarawan di Kota Bandung yang telah eksis sejak awal mula film di Indonesia diputar di Kota Bandung. Dimana saat itu produksi pertamanya berjudul Lutungkasarung yang ditulis oleh R.A.Wiranata Kusuma yang juga merupakan salah seorang pendiri Kota Bandung.

Pada acara pembukaan Bandung Film Week itu juga diputar film dokumenter Lutungkasarung, Film Prabusiliwangi dan beberapa film lainnya.

Dalam diskusi dengan tema Membangun Ekosistem Produksi Film Bandung, para narasumber memberikan tata cara bagaimana agar bisa mengumpulkan orang-orang atau stakeholder yang bergerak di bidang masing-masing. Yang berkaitan atau masih berhubungan dengan kepentingan dalam proses pembuatan film untuk melakukan sebuah kolaborasi.

Sebagai contoh, di bidang industri fashion, kostum, photographer, bidang make up artist, dan sebagainya bisa dilibatkan sebagai bagian dari ekosistem untuk membangun produksi film khususnya di Kota Bandung.

Hal ini diharapkan dapat membuat Bandung bisa dikenal sebagai Kota Film dan Bandung nantinya juga bisa menjadi pusat film khususnya di Indonesia.

KADIN Kota Bandung